Sekarang ini
Indonesia sudah masuk ke era digital. Dimana segala sesuatu itu sudah serba
instan dan cepat, termasuk dalam penyebaran informasi. Dapat dilihat sekarang
sudah banyak media yang beralih ataupun melebarkan saya menjadi media online.
Dengan
perkembangan zaman ini tentunya masyarakat sangat butuh informasi dengan cepat.
Media yang merupakan sarana penyampaian informasi, melihat celah tersebut. Detik.com,
Kompas.com, Tribunnews.com, dll merupakan contoh media yang berbasis online .
Selain cepat,
informasinya pun mudah diakses. Itulah mengapa sekarang masyarakat beralih ke
media online daripada media cetak ataupun media elektronik. Dengan mengunakan
smartphone, tinggal klik, kitapun dapat mengakses informasi dengan mudah.
Namun dibalik
kelebihannya media online pun memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama
kelemahan media online itu tingkat akurasinya rendah. Dibandingkan dengan media
cetak, tingkat akurasinya rendah. Yang kedua itu beritanya hanya di permukaan
saja dan bersifat continouiting.
Berbeda dengan
media lain yang menyajikan berita secara mendalam, media online isi beritanya
hanya di permukaan saja. Tidak mendalam jadi pembaca haus menunggu informasinya
selanjutnya agar dapat tahu informasi sepenuhnya.
Dan yang
terakhir ada beberapa media online yang di dalam judulnya mengandung unsur clickbait.
Clickbait ini merupakan umpan yang dibuat media online agar pengunjung
yang mengunjungi media onlinenya itu banyak. Padahal antara judu dan isi beritanya
tidak singkron. Jadi hanya menjebak pembaca untuk mengunjungi media online nya.