Monday, April 16, 2018

Kelebihan dan Kekurangan Jurnalistik Online

oleh: Filza Fitriadhi



Sekarang ini Indonesia sudah masuk ke era digital. Dimana segala sesuatu itu sudah serba instan dan cepat, termasuk dalam penyebaran informasi. Dapat dilihat sekarang sudah banyak media yang beralih ataupun melebarkan saya menjadi media online.


Dengan perkembangan zaman ini tentunya masyarakat sangat butuh informasi dengan cepat. Media yang merupakan sarana penyampaian informasi, melihat celah tersebut. Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, dll merupakan contoh media yang berbasis online .

Selain cepat, informasinya pun mudah diakses. Itulah mengapa sekarang masyarakat beralih ke media online daripada media cetak ataupun media elektronik. Dengan mengunakan smartphone, tinggal klik, kitapun dapat mengakses informasi dengan mudah.

Namun dibalik kelebihannya media online pun memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama kelemahan media online itu tingkat akurasinya rendah. Dibandingkan dengan media cetak, tingkat akurasinya rendah. Yang kedua itu beritanya hanya di permukaan saja dan bersifat continouiting.

Berbeda dengan media lain yang menyajikan berita secara mendalam, media online isi beritanya hanya di permukaan saja. Tidak mendalam jadi pembaca haus menunggu informasinya selanjutnya agar dapat tahu informasi sepenuhnya.

Dan yang terakhir ada beberapa media online yang di dalam judulnya mengandung unsur clickbait. Clickbait ini merupakan umpan yang dibuat media online agar pengunjung yang mengunjungi media onlinenya itu banyak. Padahal antara judu dan isi beritanya tidak singkron. Jadi hanya menjebak pembaca untuk mengunjungi media online nya.