Monday, April 16, 2018

Reportase Online

Oleh: Diki Erwadi


BANDUNG - Ada jurnalistik online dan media online, Ada reportase konvensional pasti ada juga reportase online. Karena reportase itu bagian dari aktivitas atau proses jurnalistik.

Jurnalisiik adalah proses peliputan (reportase), penulisan, dan publikasi berita. Berita adalah laporan peristiwan atau kejadian terbaru (aktual), penting, menarik, dan faktual.

Teknik Reportase Jurnalistik Online pada dasarnya sama dengan jurnalistik konvensional, yaitu peliputan langsung ke tempat kejadian, mewawancarai narasumber, dan melakukan riset data atau dokumentasi.

Yang menjadi pembeda utama reportase jurnalistik oline dengan jurnalisme konvensional adalah teknik penulisan dan cara penyajian (publikasi).

Dalam reportase jurnalistik online penulisan naskah berita online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, demikian juga publikasinya, selama ada perangkat (computer atau smartphone) dan koneksi internet, Penulisan naskah berita online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Reportase jurnalistik online juga bisa dilakukan dalam bentuk multimedia teks, gambar, audio, video, dan gratis.

Teknik pengumpulan data (news gathering) jurnalistik online bisa dilakukan tanpa meluncur ke tempat kejadian, yaitu dengan cara menelusuri informasi aktual yang ada di media sosial.

Pengguna media sosial menjadi sumber berita. Pengguna Facebook dan Twitter seringkali menulis status update tentang peristiwa aktual yang terjadi di depan matanya, baik berupa teks, gambar, maupun video.