Monday, April 16, 2018

Mengenal "BASIC" Jurnalisme Online

Oleh: Ilham Afriandi Soleh








Bandung- BASIC Merupakan singkatan dari B = Brevity, A = Adaptability, S = Scannability ,I = Interactivity, C = Community and Conversation. Brevity, Ringkas Jurnalisme Online hendaknya menyajikan berita secara ringkas. Audience kini membaca 25 % lebih pelan dan kurang dari 28 % isi berita.Media online harus berbasis pada tulisan “satu ide per paragraf” (singkat, padat dan jelas). Video durasi tiga menit bahkan kini dirasa terlalu lama (efektifitas bandwitch).


Adaptability, Jurnalis atau media online harus menyajikan berita yang sesuai dengan media yang digunakannnya (internet & website).Jurnalistik Online bisa menyajikan berita dalam bentuk multimedia. Karenanya, jurnalis online harus beradaptasi dan menguasai dasar-dasar HTML, memahami fungsi dan penerapan link atau hyper text , audio slideshows, animation, flash interactivity, microblogging/ Text/ email alerts (Twitter), forums, wikis, social networking.

Scanability, Naskah atau teks berita online hendaknya mudah dipindai (scannable) sehingga mudah dibaca dan dipahami. Audiens lebih berorientasi pada isi pesan. Sebanyak 95% pengguna web atau pengujung situs berita melihat judul (headlines), subjudul (subheadings), dan tautan (links). Dua kata kata pertama atau alinea pertama, yakni teras berita (news lead),  setelah judul sangatlah penting untuk menarik minat baca pengunjung.

Interactivity, Interaktivitas dalam jurnalistik online adalah ” it is about giving the user control”. Memberikan kendali kepada pembaca. Dalam media online, pengguna (pembaca) tidak pasif, tetapi juga aktif, sehingga bisa terjadi interaksi antara pembaca dengan redaksi, sesama pembaca, share, comments, bahkan koreksi. Media online (situs berita, media siber) sebagai medium publikasi karya jurnalistik mengandung mekanisme feedback melalui kolom komentar, share media sosial, dan links.

Wartawan online harus siap dengan hal baru dalam dunia jurnalistik ini. Komunikasi massa dalam konteks jurnalistik online tidak lagi satu arah (one way communications), tapi dua arah dengan repons atau feedback realtime (saat itu juga).