Monday, April 16, 2018

Kelebihan Media Online

Oleh: Ersa Devita Arditika


Media online saat ini berhasil mengalahkan kedudukan media cetak atau media konvensional. Media ini adalah media yang memanfaatkan medium internet sebagai sarana penyebaran pemberitaan.
Media online ini memiliki kelebihan  pertama, terkenal dengan kecepatan akan pemberitaannya.

 Berita yang dimuat dari berita satu ke berita selanjutnya, hanya berkisar dalam waktu dua atau tiga menit saja. Penyajian berita yang sederhana menjadikan media online dapat langsung menyajikan informasi atau berita, saat peristiwa berlangsung. Media online juga up to date yaitu dapat melakukan pembaharuan suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu.

Kedua, media online sangat mudah diakses, cukup dengan handphone atau smartphone, yaitu telepon genggam yang telah difasilitasi dengan teknologi internet. Dengan mudah setiap orang bisa mengakses berita dimanapun dan kapanpun asalkan ada koneksi internet atau kuota internet.

Ketiga, beritanya bersifat countinuinting yaitu, pemberitaan yang berkelanjutan. Seperti dalam memberitakan satu kasus bisa menjadi beberapa berita, dengan cara pengambilan beberapa angle yang berbeda dalam kasus tersebut. Di media online pemberitaan dalam satu kasus bisa menjadi 5 sampai 10 berita dengan angle yang berbeda.

Keempat, murahnya biaya operasional, untuk membuat media online cukup degan memesan domain dan paket hosting yang paling umum digunakan seperti domain dot com karena murah.
Terakhir, konten, dalam media online dilengkapi dengan banyak konten seperti,  tulisan,gambar,atau video yang disampaikan dalam media online tersebut.