Monday, April 9, 2018

Puisi Sukmawati Masih Jadi Trending Youtube Indonesia

Oleh: Diki Erwadi



BANDUNG - Kasus yang yang baru-baru ini sedang hangat dan banyak dibicarakan netizen di media sosial, rupanya kasus mengenai puisi sukmawati juga masih jadi trending Youtube Indonesia selama beberapa hari kebelakang

Puisi Sukmawati, yang kemudian menjadi kontroversi sampai membuatnya meminta maaf karena dianggap menyinggung umat Islam, mempertentangkan konde dengan cadar. Namun menurut sejarawan, yang terjadi bukanlah pertentangan, tapi justru memperlihatkan bagaimana pakaian menjadi cara menunjukkan identitas.

Sukmawati sendiri sudah meminta maaf kepada seluruh umat Islam, Rabu (04/04), terkait puisinya yang dibacakan pada acara Indonesia Fashion Week, yang dianggap sebagian orang merendahkan pemakaian jilbab dan adzan.

Hari Kamis (05/04), misalnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) justru mengeluarkan pernyataan yang meminta agar masalah itu tidak usah diperpanjang.

"Kontroversi puisi 'Ibu Indonesia' tidak perlu diteruskan... yang akan membuang energi dan menimbulkan kegaduhan," jelas Ketua MUI, Ma'ruf Amin, usai menerima Sukmawati Soekarnoputri di kantor MUI di Jakarta Pusat.

Ma'ruf Amin juga menghimbau agar laporan terhadap Sukmawati ke polisi dihentikan, yang ditolak oleh PWNU Jawa Timur dengan alasan demi ketertiban sosial.

Sampai sekarang masih banyak channel-channel Youtube di Indonesia yang mengaplod video terkait puisi yang dibuat oleh Sukmawati, sehingga tak heran juga kalau kasus ini masih jadi trending di Youtube Indonesia.