Monday, April 2, 2018

Drainase dan Gorong-gorong jalan Rancaekek diperbaiki


Oleh: Diah Ayu Marantika


Bandung - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan  Rakyat Jawa Barat, mengerjakan perbaikan darinase dan gorong-gorong di sepanjang jalan Raya Rancaekek, perbaikan dilakukan sepanjang 2,4 km dan 2,2 km di kedua sisinya.


Perbaikan ini dilakukan guna membenahi drainase yang mulai mengkhawatirkan. Pasalnya saat intensitas hujan tinggi, wilayah rancaekek dan sekitarnya tergenang air. Selain itu kurangnya pemeliharaan saluran juga mengakibatkan banyaknya sedimen yang menghalangi arus air.
Pengerjaannya dimulai dari jembatan Cimande hingga jembatan cinunggal. Dan proyek ini ditargetkan rampung pada bulan Desember 2018 dan kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung dapat terbebas dari Banjir di akhir 2018 mendatang.

Dwi Maulana selaku Pelaksana Lapangan dalam proyek ini mengatakan, metode yang dilakukan di awali dengan pengerukan dari saluran existing yang disesuikan dengan pemasangan U Ditch Precast, lalu proses instalasi gorong-gorong, kemudian ditutup dan menjadi trotoar.

Perbaikan drainase dilakukan sebagai penanggulan area genangan air di kawasan tersebut. Selain memperbaiki lalu lintas air, perbaikan drainase juga sebagai penanganan banjir yang kerap melanda kawasan tersebut.

Konsultan Supervisi dari proyek perbaikan drainase yang sedang dilakukan, Pradana, mengatakan, perlu adanya pengecekan ulang terhadap saluran-saluran air yang berada di Jalan Rancaekek tepatnya di kawasan sekitar pabrik-pabrik. Sebab banjir yang terjadi di kawasan tersebut, diduga akibat kurang efektifnya saluran air.“ Seharusnya pabrik mempunyai pengolahan limbahnya yang baik, dan jangan membuang nya ke saluran umum seperti ini.hal seperti ini menjadi tugas dinas lingkungan hidup dalam mengatasi permasalahan ini.

Ketua pemuda desa linggar Yayan, berharap perbaikan drainase ini dapat menanggulangi permasalahan banjir yang kerap terjadi ketika hujan turun, meskipun dalam intensitas rendah, “ Demi manfaat bagi semua, para masyarakat umunya ya setuju dan mendukung dengan dibetulkannya drainase dan gorong-gorong ini. Ya semoga tidak lagi banjir lah” ujarnya.