Monday, March 19, 2018

Asal Usul Hoax

Oleh : Ersa Devita Arditika

ilustrasi gambar : https://www.hoax-slayer.net/martinelli-whatsapp-video-hack-warning-is-yet-another-hoax/

BANDUNG - Berita bohong atau yang kerap disebut hoax merupakan berita yang mengedepankan kecepatan tanpa mementingkan kebenaran dan fakta di lapangan.

Menurut Wikipedia pemberitaan palsu yang dalam bahasa Inggrisnya hoax. Adalah informasi yang tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun april Mop.

Baru- baru ini, hoax yang menjamur di media sosial sangat meresahkan publik. Yang hadir dengan informasi yang belum pasti kebenarannya itu. Lantas darimana asal usul hoax?

Menurut Lynda Walsh dalam buku berjudul Sins Again Science. Istilah hoax atau kabar bohong merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang masuk sejak era industri. Diperkirakan pertama kali muncul pada tahun 1808.

Nah, keviralan kata hoax yang menjamur di seluruh dunia termasuk di Indonesia dimulai dari film The Hoax yang dibintangi Richard Gere pada tahun 2006. Film yang disutradarai Lasse Hallstrom yang skenarionya ditulis oleh William Wheeler ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul sama karya Clifford Irving.

Walaupun diadaptasi dari buku tetapi filmya tidak sama dengan bukunya, justru malah banyak mengalami perubahan.

Ngomomg-ngomong kita sebagai generasi penerus bangsa jangan ikut jadi penyebar hoax ya, selain merugikan juga sangat meresahakan dunia dan tidak ada gunanya juga, yang ada malah menembah dosa.